Cara Diet Menyenangkan

Cara Diet MenyenangkanMelakukan diet sehat memang perlu disiplin dan kemauan yang keras, karena Anda harus mengurangi beberapa jenis makanan yang Anda sukai dan menyisihkan lebih banyak waktu untuk menurunkan berat badan dengan berolahraga. Akan tetapi, jangan patah semangat dahulu! Diet sehat dapat dibuat lebih menyenangkan dengan beberapa tips berikut:

Starting your day right
Orang tua Anda mungkin sering berkata “Jangan lupa sarapan!”. Ternyata sarapan dapat membantu program diet sehat Anda juga lho! Sarapan dengan meminum susu di pagi hari dapat membantu mencegah rasa lapar sebelum makan siang. Studi yang dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition dilakukan terhadap 34 orang yang meminum susu bebas lemak pada pagi hari. Studi ini membuktikan bahwa dengan meminum susu pada pagi hari dapat meningkatkan rasa kenyang sehingga menurunkan kalori yang diasup pada saat makan siang sebanyak 50 kalori daripada ketika meminum minuman buah dalam jumlah yang sama1.

Dengan siapa Anda makan?
Menurut suatu studi di tahun 2009, tipe badan teman makan Anda dapat mempengaruhi porsi makanan yang Anda santap. Jika Anda pergi makan dengan orang yang memiliki berat badan overweight, Anda akan cenderung makan lebih sedikit, sementara jika Anda pergi makan dengan orang yang lebih langsing dari Anda, tetapi makan dengan porsi besar, maka Anda akan cenderung untuk makan dengan porsi yang lebih besar daripada biasanya2. Karena itu, waspadalah dengan efek psikologis ini selama Anda menjalankan program diet sehat.

Focus, focus, focus!
Saat makan, makanlah di meja makan. Jangan makan sambil menonton televisi. Iklan di TV sebagian besar mempertontonkan makanan-makanan yang tinggi lemak, gula, serta garam, yang akibatnya merangsang seseorang terhadap makanan demikian. Selain itu dengan menonton TV membuat konsentrasi terhadap makanan menjadi terpecah, akibatnya porsi makanan tidak dapat dikontrol dengan baik3.

References:

  1. Dove ER, Hodgson JM, Puddey IB, Beilin LJ, Lee YP, Mori TA. 2009. Skim milk compared with a fruit drink acutely reduces appetite and energy intake in overweight men and women. Am J Clin Nutr 90:70–5
  2. McFerran B, Dahl DW, Fitzsimons GJ, Morales AC. 2010. I’ll Have What She’s Having: Effects of Social Influence and Body Type on the Food Choices of Others. Journal of Consumer Research 36: 915-929.
  3. Cohen DA. 2008. Neurophysiological Pathways to Obesity: Below Awareness and Beyond Individual Control. Diabetes 57:1768–1773.
All Responses to Cara Diet Menyenangkan
Related Posts