Cara Diet Sehat (Part 3)

Cara Diet Sehat (Part 3) Dari tips di Part I and Part II, mungkin kini sudah mencapai tahap penurunan berat badan yang cukup signifikan. Tapi.. Mungkin belakangan ini penurunan berat badan dirasa semakin sulit. Jangan berkecil hati, Ladies, lanjutkan membaca halaman ini untuk mengenal apa saja yang perlu diketahui tentang penurunan berat badan.













Plateaus are Not Necessarily Bad
Cara Diet Sehat (Part 3)Saya sudah menambah waktu berolahraga, tapi kok berat badan tidak turun?
Berolahraga dapat meningkatkan penggunaan kalori sehingga berat badan akan turun sebagai konsekuensi dari bergesernya keseimbangan total kalori. Namun, bagaimana bila berat badan tidak kunjung turun walaupun sudah menambah waktu berolahraga. Apa penyebabnya?

Pembentukan ototlah penyebabnya. Berat badan bisa saja tetap konstan walaupun kadar lemak turun sebagai hasil dari pembentukan otot. Pembentukan otot sangat baik untuk meningkatkan laju pembakaran lemak dan membuat tubuh Anda terlihat langsing dan kencang.

Smart Tips:
Meningkatkan massa otot tidak akan membuat badan terlihat kekar. Sebaliknya, tubuh akan tampak kencang. Selain itu, semakin banyak membentuk otot, semakin banyak kalori yang akan dibakar, karena ototlah yang menggunakan energi1. Cobalah luangkan waktu untuk sit up atau push up setiap hari. Untuk menurunkan lemak, usahakan melakukan olahraga kardio seperti berjalan cepat, aerobik, atau cycling minimal selama 30 menit. Tidak mengkonsumsi makanan 1 jam sebelum berolahraga pun dapat mengoptimalkan pembakaran lemak2.

Weight Loss: The Dark Side
Berat badan berhasil turun! Berarti, program diet sehat yang sedang dijalankan berhasil. Namun, selain membuat pakaian lama tidak bisa dipakai lagi karena terlalu besar, ada beberapa efek negatif yang dapat ditemui selama menjalani diet sehat, khususnya apabila berdiet dengan cara yang kurang tepat. Tidak jarang Anda terus merasa lapar, pusing, atau mengantuk. Wajar saja, ketika mengurangi asupan makanan, tubuh pun akan menyesuaikan diri dengan memperlambat metabolisme tubuh sehingga tubuh dapat menyimpan energi3. Tidak heran, kita akan merasa lebih mudah lelah dan mengantuk. Kekurangan konsumsi karbohidrat pun membuat produksi serotonin menurun, sehingga lebih mudah mengalami bad mood8.

Smart Tips:
Penurunan metabolisme akibat menurunnya ketersediaan kalori memang tidak dapat dihindari8 Namun, bisa disiasati dengan cara membagi asupan karbohidrat menjadi beberapa porsi makan kecil dalam waktu yang cukup sering. Laju metabolisme terjaga, Anda pun bebas dari bad mood dan rasa lemas. Sangat disarankan untuk memilih makanan kaya serat seperti roti gandum atau buah-buahan yang dapat membantu menjaga kestabilan kadar gula darah sehingga tidak cepat merasa lapar. Untuk sarapan, Anda bisa mengkonsumsi WRP Nutritious Drink dengan nutrisi seimbang serta diperkaya 11 vitamin dan 9 mineral untuk membantu mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh. No more skipping meal, ladies!

Diet sehat secara tepat sebaiknya menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Dieting is not mere losing weight, but it is about how you shape yourself into healthier you. Dieting? Sure you can do!

References:

  1. Petra, S. and A. Cunliffe. 2006. The Role of Diet and Exercise for the Maintenance of Fat-Free Mass and Resting Metabolic Rate During Weight Loss. Sports Medicine 36: 239-262.
  2. Bock, K.D., et. al. 2008. Effect of Training in the Fasted State on Metabolic Responses During Exercise With Carbohydrate Intake. J Appl Physiol 104: 1045-1055.
  3. Dulloo, A.G. and J. Jacquet. 1998. Adaptive Reduction in Basal Metabolic Rate in Response to Food Deprivation in Humans: A Role for Feedback Signals from Fat Stores. Am J Clin Nutr 68: 599-606.
All Responses to Cara Diet Sehat (Part 3)
Related Posts