Diet Saat Puasa, Perlukah?

Wah, sudah tinggal satu minggu menjelang Lebaran! Apakah kamu sudah menyiapkan segala sesuatu untuk Hari Kemenangan? Atau bahkan sudah membeli baju baru 1 bulan sebelumnya? Well, pastikan baju kamu tetap muat di akhir bulan puasa ini yah, Ladies! Karena, menurut penelitian, kenaikan berat badan dapat terjadi jika pola makan dan aktivitas tidak terjaga1. Tentunya, kita tidak ingin itu terjadi, bukan?

Lalu, bagaimana cara menghindari kenaikan berat badan saat puasa? Solusinya adalah menjaga pola makan dan aktivitas kita. Diet di bulan puasa mungkin masih ragu dilakukan oleh sebagian orang. “Diet saat puasa bikin lemas”. “Untuk apa diet? Nanti juga kurus karena sedang puasa”. Kalimat-kalimat tersebut sering dijadikan alasan untuk tidak menjaga pola makan dan aktivitas kita. Padahal, bulan Ramadhan bisa loh menjadi salah satu kesempatan untuk menerapkan pola hidup sehat dan seimbang. Dengan menjalani puasa, kita dapat belajar untuk mengatur pola makan kita. Membatasi diri selama 30 hari saat menjalankan ibadah puasa dapat membantu kita mengontrol nafsu makan sehingga kebiasaan ini tetap dapat diterapkan meskipun bulan suci ini sudah lewat nantinya.

Salah satu kebiasaan yang dapat kita lakukan saat puasa adalah membatasi konsumsi makanan yang berlemak. Menurut penelitian pada wanita muslim Tunisia, konsumsi lemak pada bulan puasa meningkat sekitar 20% dibandingkan sebelum puasa2. Inilah yang harus coba kita hindari. Karena, selain dapat menyebabkan kenaikan berat badan, konsumsi lemak yang meningkat juga dapat menyebabkan resiko penyakit meningkat. Tentunya kita mau menyambut hari yang Fitri dengan hati yang suci dan tubuh yang sehat, bukan? Yuk persiapkan diri untuk tampil ideal dengan tetap menjalankan diet sehat selama puasa. Klik tombol di bawah ini untuk tahu Tips dan Triknya.

Referensi:

  1. National Health Service United Kingdom. 2010. Ramadan Health Guide. Communities in Action. http://www.dh.gov.uk/en/Publicationsandstatistics/Publications/PublicationsPolicyAndGuidance/DH_078409
  2. El Ati , J., et al. 1995. Increased fat oxidation during Ramadan fasting in healthy women: an adaptive mechanism for body-weight maintenance. Am J Clin Nutr 62: 302-307.

Artikel Terkait:

All Responses to Diet Saat Puasa, Perlukah?
Related Posts