Latihan untuk Membakar Lemak (Fat Burning)

Untuk mendapatkan bentuk tubuh ideal, rutin berolahraga penting untuk dilakukan. Jenis olahraga yang tepat untuk membakar kalori dan lemak adalah latihan aerobik atau kardio. Selain membantu efektivitas program diet Anda, latihan kardio juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Mari mengenal lebih lanjut latihan kardio, serta tips-tipsnya agar hasil latihan lebih optimal.


Bersepeda Apa sih latihan kardio?
Latihan kardio atau aerobik merupakan aktivitas fisik yang dilakukan dengan intensitas sedang dalam jangka waktu yang lama. Jika dilakukan dengan intensitas yang tepat dan secara rutin, latihan kardio efektif membantu menjaga kesehatan jantung dan membakar lemak tubuh.

Berapa frekuensi yang tepat?
Bagi para pemula, frekuensi olahraga yang terbaik di tahap awal adalah 3 kali dalam seminggu. Setelah itu, tingkatkan frekuensi latihan secara bertahap hingga mencapai 5-6 kali dalam seminggu.


Berapa lama untuk membakar lemak?
Lakukan latihan kardio lebih dari 20 menit untuk membakar lemak karena setelah 20 menit berolahraga, lemak baru akan digunakan. Di awal latihan, lemak belum digunakan sebagai sumber energi. Tubuh akan menggunakan sumber cadangan energi lain, yaitu glikogen di otot, terlebih dahulu.


More Tips: Mulailah dengan menetapkan target 30 menit setiap latihan, dan tingkatkan secara bertahap hingga 1 jam setiap latihan.


Bagaimana agar pembakaran lemak dapat optimal?
Agar lemak dapat terbakar, lakukan latihan kardio pada fat burning zone. Indikasi fat burning zone adalah jika detak jantung mencapai 60-80% MHR (MHR = Maximum Heart Rate = 220 – usia). Ini bisa Anda cek pada layar treadmill. Atau untuk mudahnya, indikasi bahwa Anda sudah mencapai zona ini adalah kalau Anda masih dapat berbicara namun sudah tidak dapat bernyanyi saat melakukan olahraga tersebut.


Kapan sebaiknya berolahraga?
Anda dapat melakukan latihan sesuai jadwal yang diinginkan, baik pagi ataupun sore. Yang terpenting adalah memilih waktu yang cocok untuk Anda sehingga bisa dilakukan secara rutin.



Jenis olahraga apa yang tepat?
Anda dapat memilih jenis olahraga yang disukai. Melakukan variasi jenis olahraga juga dapat dilakukan untuk menghindari kejenuhan sehingga olahraga akan rutin dilakukan.


Klik tombol dibawah untuk jenis latihan kardio serta tipsnya.

Cek idealkah tubuh saya

Latihan terkait lainnya

  1. 6 Kunci Olahraga yang Optimal
  2. Tetap Olahraga saat Sibuk di Kantor/Kampus? Bisa, Coba Ini!
  3. Tidak punya Waktu untuk Olahraga? Perkenalkan: HIIT Concept Training
  4. Tips Mengecilkan & Membentuk Perut Langsing
  5. Bakar Lemak di Paha & Bokong
All Responses to Latihan untuk Membakar Lemak (Fat Burning)
Related Posts
  • Pilihan Baru Olahraga Seru!

    Target awal kamu: olahraga kardio selama 1 jam. Kenyataannya:  Baru setengah jam berlari di atas ... read more

  • BETIS

    Seated Calf Rise Duduklah dengan punggung tegak pada stability ball. Genggam dumbbells dan ... read more

  • PAHA

    Jump Squats Berdiri tegak, buka kaki selebar pinggul, dan posisikan tangan di pinggul. ... read more