Makanan yang Meningkatkan Kualitas Tidurl

berat badanTidur adalah salah satu hal yang penting untuk kualitas hidup kita. Sepertiga dari hidup manusia ternyata dihabiskan untuk tidur. Sehingga, bila kita mengalami kurang waktu atau kurangnya kualitas tidur, kesehatan pun jadi terganggu. Selain itu, tidur bisa berakibat juga terhadap kesuksesan penurunan berat badan. Salah satu faktor yang berperan dalam meningkatkan kualitas tidur adalah makanan. Mari temukan makanan apa saja yang bisa membantu tidur nyenyakmu..

Eat Well, Sleep Tight
Pilihan makanan yang benar dapat membantu meningkatkan kualitas tidur dan mempermudah waktu tidur. Berikut ini 3 tipe makanan yang disarankan untuk tidur nyenyakmu:

  1. Makanan berprotein yang mengandung asam amino tryptophan
    Konsumsi makanan yang mengandung protein dapat membantu memenuhi asam amino tryptophan yang berperan untuk meningkatkan kualitas tidur. Asam amino tryptophan merupakan prekursor atau pemicu sintesis senyawa serotonin dan hormon melatonin1. Keduanya diketahui berperan di dalam pengaturan tidur2. Alternatif pilihan sumber protein yang tinggi asam amino tryptophan antara lain susu, keju, daging, ikan, turkey, dan kacang-kacangan1. Tidak hanya makanan sumber protein ini saja, coklat, oat, pisang, dan kurma juga tinggi asam amino tryptophan1.
  2. Makanan berkarbohidrat
    Makanan berkarbohidrat tentunya tak asing lagi bagi kita. Ternyata jenis makanan ini dapat berfungsi untuk meningkatkan ketersediaan asam amino tryptophan untuk otak, dengan efek maksimal 4 jam setelah makan3. Jumlah karbohidrat yang dibutuhkan harian adalah ±300 gram atau sekitar 15-20 sendok makan nasi. Namun, jika sedang ingin menurunkan berat badan jumlah karbohidrat harianmu menjadi ±195 gram atau sekitar 10-13 sendok makan nasi.

Oleh karena itu, untuk tidur nyenyakmu disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat dan dilengkapi dengan protein seperti sereal dengan susu, roti gandum dengan selai kacang atau keju, atau susu hangat dan crackers4.

Selain itu, batasi makanan berlemak karena bila banyak mengonsumsi makanan tinggi lemak (terutama pada saat makan malam) dapat mengganggu kualitas tidur. Gangguan kualitas tidur ini ditandai dengan lebih sering terbangun di malam hari, gangguan pernapasan saat tidur, dan lebih rendahnya waktu saat tertidur nyenyak5.

Source:

  1. L-Tryptophan. Alternative Medicine Review (2006) Volume 11. Number 1.
  2. Effect of Tryptophan (A Natural Sedative on Human Sleep). The Lancet: 842-5.
  3. High-glycemic-index carbohydrate meals shorten sleep onset. Am J Clin Nutr 2007;85:426 –30.
  4. Food and Sleep. National Sleep Foundation.
  5. SLEEP 2008, the 22nd Annual Meeting of the Associated Professional Sleep Societies, Baltimore, June 7-12, 2008.
All Responses to Makanan yang Meningkatkan Kualitas Tidurl
Related Posts