New Shape for a New Mom

New Shape for a New Mom Menjadi seorang ibu, adalah hal yang paling menakjubkan dalam hidup. Rasa luar biasa bahagia, ketika memegang tangan mungilnya, tidak dapat digantikan dengan kebahagiaan apapun di dunia ini. Namun proses menjadi ibu telah mengubah penampilan fisik banyak wanita, sehingga membuat resah. Mungkin dulu sebelum hamil, Anda menggunakan celana berukuran 28, namun sekarang Anda harus membeli celana berukuran 30. Belum lagi, masalah selulit yang juga bisa menggangu penampilan Anda. Kira-kira, bagaimana ya cara mengatasinya permasalahan para new mom ini? Apakah Anda harus menghindari kehamilan?

Tidak Sama Lagi?
Jurnal Obesity Reviews menyatakan bahwa kehamilan merupakan salah satu penyebab kelebihan berat badan pada beberapa wanita. Hal ini berkaitan dengan kenaikan berat badan yang berlebihan pada saat mengandung serta kegagalan untuk menurunkan kembali berat badan setelah melahirkan. Beberapa faktor yang terlibat adalah berkurangnya aktivitas fisik dan perubahan gaya hidup setelah melahirkan, seperti tercantum pada Journal of the American Medical Women’s Association.

Masalah lain yang banyak dihadapi oleh para ibu yang baru melahirkan adalah selulit. Para ahli dari New York’s Rockefeller University menyatakan bahwa selulit sebenarnya merupakan timbunan lemak di bawah kulit. Namun, selulit memiliki penampakan yang bergelombang seperti kulit jeruk karena tidak teraturnya struktur jaringan penghubung yang terletak tepat di bawah kulit.

Penampakan selulit sebenarnya akan membaik seiring dengan penurunan berat badan dan berat lemak. Hasil penelitian yang tercantum pada Plastic and Reconstructive Surgery menunjukkan bahwa mereka yang berhasil menurunkan berat badan dan berat lemak ternyata memiliki penampakan selulit yang lebih baik. Untuk dapat menurunkan berat badan dan berat lemak secara efektif guna memperbaiki penampakan selulit, Medicine and Science in Sports and Exercise menyatakan bahwa kombinasi antara pengaturan pola makan dan olahraga secara teratur sangatlah penting.

Nah, untuk membantu Anda mengatasi selulit, jangan lupakan CLA dan kolagen. Seperti tercantum pada International Journal of Cosmetic Science, CLA diketahui dapat membantu memperbaiki penampakan selulit. Bagaimana dengan kolagen? Kolagen berperan penting di dalam menjaga elastisitas kulit. Kolagen dapat membentuk suatu matriks yang berperan untuk menjaga serta mempertahankan struktur dan kekompakan sel-sel kulit. Dengan kedua nutrisi ini, masalah selulit Anda yang timbul setelah melahirkan pasti akan teratasi.

Bertahap dan Aman
Namun, perlu diingat bahwa penurunan berat badan pada ibu yang baru melahirkan harus dilakukan secara bertahap dan tepat. Hal ini penting mengingat ibu yang baru melahirkan memerlukan nutrisi yang cukup untuk memulihkan kondisi tubuhnya serta untuk menyusui. Selain itu, hasil penelitian yang tercantum pada Obstetrics and Gynecology menunjukkan bahwa penurunan berat badan yang drastis pada ibu yang baru melahirkan justru menyebabkan kenaikan berat badan yang lebih tinggi di masa yang akan datang.

The Institute of Medicine, seperti tercantum pada American Journal of Clinical Nutrition, menyatakan bahwa penurunan berat badan yang dilakukan 4 minggu setelah melahirkan hingga 0.5 kg/minggu masih dianggap aman untuk para ibu yang menyusui. Dengan catatan, ibu tersebut tidak mengalami gangguan kesehatan/kekurangan nutrisi serta jumlah kalori yang dikonsumsi masih lebih dari 1500 Kalori/hari.

Bagaimana dengan latihan? Hasil penelitian yang tercantum pada The Journal of Nutrition menyatakan bahwa melakukan latihan aerobik secara teratur dengan intensitas sedang (setelah 6 minggu melahirkan) tidak akan mempengaruhi volume dan komposisi air susu ibu. Bahkan, latihan ini dapat membantu meningkatkan tingkat kebugaran.

Memberikan kehidupan baru bagi malaikat kecil di dunia adalah anugerah terindah dari Tuhan. Jadi, mengapa harus takut hamil, jika Anda dapat mengembalikan kondisi fisik Anda seperti semula. Jangan heran jika banyak orang yang bertanya, kapan kamu mau menikah ? So, healthy you and your baby!

All Responses to New Shape for a New Mom
Related Posts