Puasa atau Diet Sehat tanpa Khawatir Gangguan Maag

langsing, diet sehat, berat badan Perubahan pola makan yang biasa dilakukan saat berpuasa maupun saat diet sehat terkadang sulit dilakukan bagi penderita maag. Yuk, ikuti pembahasan untuk atasi maag dengan cara yang sehat khususnya di saat berpuasa..

Perubahan Pola Makan di saat Berpuasa
Selama berpuasa, pola makan berubah karena hanya diperbolehkan makan di pagi hari saat sahur dan menjelang malam saat berbuka. Di antara waktu sahur dan berbuka, lambung akan kosong karena tidak ada makanan yang dikonsumsi. Hal inilah yang menyebabkan penderita sakit maag merasa khawatir menjalankan ibadah puasa.

Produksi asam lambung sebenarnya dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsi, yaitu akan meningkat saat kita makan karena diperlukan untuk membantu proses pencernaan dan kemudian akan turun kembali. Karena jumlah makanan dikonsumsi terbatas saat kita berpuasa, penelitian menunjukkan bahwa produksi asam lambung akan menurun selama bulan puasa. Meskipun produksi asam lambung menurun, keasaman lambung justru meningkat selama berpuasa. Jadi, apakah benar tidak bisa berpuasa jika menderita sakit maag? Belum tentu..

Apa itu sakit Maag?
Sakit maag atau dikenal sebagai dyspepsia adalah gangguan yang ditandai dengan rasa tidak nyaman dan/atau nyeri pada bagian lambung. Secara umum, sakit maag dapat terbagi menjadi functional dan organic dyspepsia. Keduanya berbeda dalam hal penyebab maupun tingkat keparahannya.

  • Functional dyspepsia merupakan jenis sakit maag yang lebih sering dijumpai, yaitu pada sekitar 60% penderita sakit maag, dan lebih disebabkan karena pola makan yang tidak tepat. Gejalanya bervariasi mulai dari rasa tidak nyaman pada lambung, mual, atau kembung.
  • Organic dyspepsia merupakan jenis sakit maag yang biasanya memiliki gejala lebih parah dan berkaitan dengan luka pada lambung.

Puasa dengan Sakit Maag?
Boleh tidaknya penderita sakit maag berpuasa, dipengaruhi oleh kondisinya. Jika gejala yang dialami tidak parah dan tidak sedang dalam perawatan, penderita sakit maag dapat tetap ikut berpuasa. Misalnya, pada mereka yang mengalami gangguan sakit maag yang termasuk functional dyspepsia, secara umum dapat tetap menjalankan ibadah puasa. Bahkan, pola makan yang lebih teratur saat berpuasa bisa berefek positif. Namun, bagi mereka yang menderita organic dyspepsia, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Karena adanya luka di lambung pada penderita organic dyspepsia, pola makan yang tidak tepat dapat berefek negatif.

Berikut beberapa tips yang dapat diikuti oleh kamu yang menderita sakit maag selama bulan puasa:

  1. Batasi kopi yang mengandung kafein yang dapat memicu produksi asam lambung.
  2. Batasi konsumsi makanan pedas yang dapat memicu iritasi pada lambung.
  3. Batasi konsumsi makanan yang berlemak (seperti gorengan) karena lemak lebih sulit dicerna sehingga dapat membebani kerja lambung.
  4. Batasi konsumsi makanan yang mengandung gas (seperti kubis, kismis, dan kacang-kacangan) karena dapat menyebabkan kembung atau flatulensi.
  5. Jadikan puasa sebagai momen untuk mengembangkan diri secara emosional dengan lebih tenang dan sabar. Bonusnya, dapat membantu menghindari stress yang dapat memicu produksi asam lambung.
  6. Menghindari makanan tidak hanya membantu mengatasi godaan selama berpuasa, namun juga dapat membantu mengatur produksi asam lambung. Pikiran mengenai makanan atau bau makanan dapat membuat otak mengeluarkan sinyal yang memicu produksi asam lambung.
  7. Jika lambung terasa nyeri saat berpuasa, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum melanjutkannya.

Diet Sehat tanpa Gangguan Maag
Pada dasarnya, prinsip mengatasi sakit maag saat diet sehat serupa dengan puasa. Mulailah diet sehatmu dengan mengatur pola makan yang seimbang dan bernutrisi dengan teratur. Biasakan diri dengan porsi lebih kecil. Kombinasikan juga dengan tips-tips di atas agar sakit maag tidak mengganggu saat berdiet. Dengan diet sehat seperti ini dapatkan tubuh langsing ideal dan bonusnya gangguan maag pun berkurang karena pola makan yang teratur.

So, puasa atau diet sehat tanpa gangguan maag? Sure you can do Ladies..

Source:

  1. Sakit Maag, Puasa Sembuh Men! http://nasional.kompas.com/read/2008/09/01/0829404/sakit.maag.puasa.sembuh.men
  2. Solusi Penyakit Maag Tanpa Mengobati? Bisakah Penderita Sakit Maag Berpuasa? As-Sunnah Edisi 6, 7-8/Tahun X/1427/2006M.
  3. Islamic Fasting and Health. Ann Nutr Metab 2010;56:273–282
  4. Ramadan Health and Spirituality Guide. 2006. Communities in Action.
  5. Dyspepsia. 2010. Ormiston Hospital New Zealand.
All Responses to Puasa atau Diet Sehat tanpa Khawatir Gangguan Maag
Related Posts