Ritual Diet Sehat di Bulan Puasa
Foto After AFTER
Foto Before BEFORE

Tips: Shanti Mulyanti

Bulan puasa merupakan salah satu momen tepat untuk melakukan diet sehat. Namun demikian, program diet sehat kita bisa gagal jika kita tidak dapat mengontrol nafsu makan. Selama ini ada beberapa “ritual” yang saya lakukan di bulan puasa. “Ritual” ini meliputi kebiasan-kebiasaan yang sering saya lakukan ketika berpuasa, sehingga di bulan yang penuh berkah ini, selain mendapatkan pahala yang banyak, saya juga berhasil menjalankan program diet sehat. Berikut saya bagikan cerita tentang “ritual” yang sering saya lakukan ketika bulan puasa, baik ketika sahur ataupun berbuka.

Saat sahur:

  1. Saya biasa bangun jam tiga subuh untuk menyiapkan santapan sahur. Alasan saya bangun pada jam tersebut, supaya jarak waktu sahur dan imsak tidak terlalu jauh dan tidak menyebabkan lapar lagi.
  2. Saya membiasakan diri minum WRP Diet Tea sebelum sahur, supaya asupan karbohidrat saya bisa dijaga. Saat sahur saya memilih menu lauk yang tinggi protein dan kaya vitamin, contohnya ikan, kepiting, sawi putih, dan wortel. Alangkah baiknya kalau makanan tersebut direbus, dikukus, dikuah, dibakar, dan jangan di goreng.
  3. Selesai sahur, saya lanjutkan dengan minum jus, baik itu jus sayur atau buah-buahan. Saya sendiri selalu mengkonsumsi jus apel, karena kebetulan saya sangat suka buah apel.
  4. Selanjutnya, saya membiasakan diri untuk minum vitamin atau suplemen, dan tentunya yang kaya akan mikronutrien. Saya minum vitamin dan suplemen untuk membantu asupan nutrisi dan memperlancar aktivitas saya. Aktivitas pun tidak terganggu.

Saat Buka:

  1. Berbuka puasa akan menjadi musuh besar kita, tentunya bagi yang sedang diet. Setelah seharian puasa, pastilah kita memiliki nafsu makan yang begitu besar untuk melampiaskan rasa lapar kita. Oleh karena itu kita harus pandai-pandai mengontrol diri. Saya coba mengontrol itu semua dengan minum WRP Diet Tea sebelum berbuka.
  2. Selanjutnya, saya melanjutkan buka puasa dengan makan buah-buahan atau minum jus.
  3. Jadwal makan, saya pindahkan setelah Tarawih. Saya tidak khawatir saat Tarawih saya akan kelaparan, karena sebelumnya saya telah makan buah-buahan atau minum jus.
  4. Selanjutnya, saya makan berat seperti biasa. Barulah sebelum tidur saya minum vitamin atau suplemen.

Semoga pengalaman saya ini bisa menjadi inspirasi bagi rekan-rekan. Semoga tips ini bisa bermanfaat bagi semua rekan-rekan yang ingin memiliki tubuh ideal di bulan puasa.
*Disclaimer:
Hasil diperoleh dengan menjaga pola makan sehat dan olahraga yang teratur. Hasil mungkin berbeda pada setiap individu.
Berdasarkan uji klinis yang telah dilakukan Fakultas Kesehatan Universitas Indonesia, bila kamu menjalankan WRP sesuai petunjuk, berat badan dapat turun dalam 6 hari. Berdasarkan lembaga kesehatan dunia, penurunan berat badan yang sehat antara 0.5-1.5 kg/minggu.

COMMENTS