Seks dan Berat Badan. Apa hubungannya?

Apa yang terbesit di kepala Anda ketika mendengar kata seks dan berat badan?

Berat Badan Seks dan berat badan, keduanya merupakan topik sensitif dan pribadi yang seringkali dihindari. The truth is, keduanya ternyata saling berkaitan erat. Penelitian menunjukkan bahwa selain berpengaruh pada tingkat percaya diri seseorang, berat badan juga mempengaruhi kesehatan dan kualitas aktivitas seksual. Ladies, keep reading and find your way to a better sex life!

Physical Attraction = Better Sex Life
Seks tentu berkaitan dengan penampilan fisik. Salah satu yang mempengaruhi penampilan fisik adalah berat badan. Penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepercayaan diri seseorang cenderung menurun jika orang tersebut memiliki berat badan berlebih. Rasa percaya diri dalam kehidupan seksual sangatlah penting.

Mereka yang memiliki rasa percaya diri terhadap berat badan dan bentuk tubuhnya diketahui memiliki kehidupan seksual yang lebih baik dan berkualitas. Sebaliknya, mereka yang merasa tidak puas atau tidak percaya diri dengan bentuk tubuhnya cenderung mengalami penurunan gairah seksual.

Healthy Weight = Healthy Sex Drives & Performance
Tak hanya rasa percaya diri, berat badan juga mempengaruhi performa dan kualitas seks. Wanita dengan berat badan ideal memiliki dorongan seksual dan tingkat kepuasan seksual yang baik. Lalu, mengapa wanita dengan berat badan berlebih dapat mengalami penurunan gairah dan performa seksual? Ini karena terbentuknya penyumbatan lemak pada pembuluh darah yang menyebabkan terhambatnya aliran darah ke organ seksual sehingga gairah seksual dan sensitivitas terhadap rangsangan seksual pun menurun.

Diet Sehat Bisa Menjadi Jawaban
Luckily, masalah seksual yang timbul akibat berat badan berlebih dapat diatasi dengan cara menurunkan berat badan. Penelitian menunjukkan bahwa penurunan berat badan dapat membantu meningkatkan kualitas kehidupan seksual, baik dalam hal gairah maupun kepuasan seksual, pada mereka yang kelebihan berat badan. Lakukan program diet sehat dan olahraga bersama dengan pasangan.

Guess what? Riset menunjukkan bahwa hasil penurunan berat badan akan lebih efektif saat melakukan diet bersama dengan pasangan. Selain itu, tingkat kedisiplinan saat berolahraga juga meningkat pada mereka yang mengikuti program olahraga dengan sang kekasih.

Selain berat badan ideal, pola makan sehat dengan kalori terkontrol dan nutrisi yang seimbang plus istirahat yang cukup juga bermanfaat positif untuk kehidupan seksual Anda. Shape it up, Ladies. Sure you can do!

References:

  1. Body Image Satisfaction in Heterosexual, Gay, and Lesbian Adults. Arch Sex Behav DOI 10.1007/s10508-008-9378-1.
  2. Association of body weight with sexual function in women: Body weight and sexual function in women. International Journal of Impotence Research (2007) 19, 353-357.
  3. Improvements in sexual quality of life after moderate weight loss International. Journal of Impotence Research (2008) doi:10.1038/ijir.2008.32.
All Responses to Seks dan Berat Badan. Apa hubungannya?
Related Posts